Senin, 18 Januari 2016

Mengenal SM-3T




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2crgMctMtDNeia2GUru_wXdb7zeSQ1VBW6rc4NYavuEXGZAFGBVcH7e16fJ8d3VhPlLBGgBmaEHpbjl5ZtnumLCEbpqKg11JWqDxn3Rzn9a0hoUl_wx2j3mJQKZAPxj9ubAmPK50Iw3G0/s1600/SM3T.jpg
Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia..
Hei gaees… kali ini saya akan berbagi informasi tentang program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal atau yang biasa dikenal dengan SM-3T. Mungkin di antara kalian pernah mendengar program SM-3T, walaupun mungkin juga masih ada yang bingung bagaimana sih caranya kalau mau ikut program SM-3T.  Atau mungkin ada juga yang ingin tahu kira-kira apa saja yang bisa kita dapatkan ketika mengikuti program ini. Mari kita simak satu persatu penjelasannya dan kenali lebih dekat program SM-3T.

Apa itu program SM-3T?
Program SM-3T merupakan salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia (MBMI), sedangkan program MBMI lainnya antara lain:

  •  Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi dengan Kewenangan Tambahan (PPGT)
  •  Program Kuliah Kerja Nyata di Daerah 3T- dan PPGT (KKN-3T PPGT)
  • Program S-1 Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan (S-1 KKT).
Program SM-3T sendiri adalah program pengabdian para Sarjana Pendidikan (S.Pd) untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah terogolong 3T. Program  ini juga sebagai program jangka panjang  dalam rangka mempersiapkan pendidik yang profesional di masa depan, dimana ketika program pengabdian satu tahun dilapangan sudah selesai akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Kata SM-3T sendiri untuk pertama kalinya dipublikasikan pada tanggal 19 Oktober 2011 melalui LPTK penyelenggara.

Siapa saja yang boleh mengikuti Program SM-3T?
Peserta yang boleh mengikuti program ini adalah sarjana lulusan Kependidikan (S.Pd) yang sesuai dengan mapel/bidang studi yang dibutuhkan di daerah 3T. Nah jadi teman-teman, di sini jelas bahwa peserta program ini hanya dikhususkan untuk alumni sarjana kependidikan.

Apa sih tujuan dari Program SM-3T?
Program SM-3T ini dimaksudkan untuk membantu mengatasi kekurangan tenaga pendidik (guru) di daerah 3T, sekaligus mempersiapkan calon guru professional masa depan.

Kapan program SM-3T dilahirkan?
Program ini dilahirkan pada tanggal 6 September 2011, dan dimulai tahun 2011 angkatan pertama program SM-3T diberangkatkan di daerah 3T.

Berapa lama pengabdian SM-3T?
Pengabdian di lapangan adalah selama 1 tahun.

Di daerah mana dan seperti apakah lokasi pengabdian SM-3T?
Peserta SM-3T ditugaskan di luar Pulau Jawa dan ditempatkan di daerah pedalaman/pelosok yang pembangunannya masih belum terjamah oleh bantuan pemerintah yang disebabkan oleh beberapa faktor yang di antaranya: akses jalan yang masih sulit, komunikasi yang tidak stabil, transportasi yang masih langka dan banyak hal lainnya. Angkatan 1 hanya menjangkau  3 daerah yaitu: Aceh, NTT dan Papua. Sedangkan pada angkatan selanjutnya wilayah sasaran ditambah dengan Kepulauan Riau, Kalimantan, Maluku, Papua dan daerah 3T lainnya.

Berapa uang saku yang diperoleh peserta SM-3T?
Selama pengabdian di daerah 3T  masing-masing peserta diberikan uang saku yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari di penempatan. Untuk angkatan I-IV diberikan uang saku sebesar 2,5 juta/bulan, sedangkan untuk angkatan V jumlah uang saku yang diberikan  meningkat yakni menjadi 2,7 juta/bulan.  Untuk daerah-daerah tertentu biasanya tiap bulan ada tunjangan khusus yang diberikan oleh pihak Pemda, tapi tidak semua daerah memberikan tunjangan khusus tersebut.

Apa alamat/website resmi program SM-3T?
Nah untuk teman-teman yang mau berkunjung ke situsnya, SM-3T memiliki situs resmi yaitu:
http://majubersama.dikti.go.id/ (beranda maju bersama)
http://seleksi.dikti.go.id/ (pendaftaran SM-3T dan PPG)

Apa keuntungan dari mengikuti program SM-3T?
untuk teman-teman yang masih bertanya-tanya kira-kira apa saja yang bisa didapatkan ketika mengikuti program ini. Jawabannya banyak teman-teman.
Di antaranya:
1.      Pengalaman
Kapan lagi teman-teman bisa melihat keindahan panorama Indonesia di luar sana yang masih asri, belum banyak di ekspos media, dan yang pasti itu gratis.
2.      Menempa mental calon pendidik masa depan
Ketika di penempatan, teman-teman akan menjumpai banyak sekali tantangan. Baik itu tantangan tempat tinggal, tantangan ketika beradaptasi dengan masyarakat setempat, tantangan mengajar dengan fasilitas seadanya, dan masih banyak lagi tantangan-tangan yang bakal teman-teman temui. Tapi jangan khawatir teman-teman, disadari atau tidak justru pengalaman-pengalaman yang seperti inilah yang dibutuhkan oleh seorang guru. Dengan pengalaman yang demikian, mudah-mudahan akan terbentuk yang namanya mental-mental tangguh guru masa depan.
3.      Banyak kenalan, teman, keluarga baru.
Mulai dari sesama peserta SM-3T, rekan-rekan guru di sekolah penempatan dan bahkan keluarga baru yaitu masyarakat setempat yang tentunya siap menerima dengan tangan terbuka kehadiran teman-teman di sana.
4.      Uang tunjangan tiap bulan.
5.      Beasiswa Pendidikan Profesi Guru (dengan fasilitas lengkap: makan tiga kali sehari, uang saku dan uang buku tiap bulan, tempat  tinggal asrama, dan fasilitas lainnya) pasca penugasan SM-3T.
6.      Pasca PPG SM-3T mendapatkan sertifikat pendidik (pengganti akta IV)
7.      Diberikan formasi khusus untuk tes CPNS, boleh juga mengikuti tes CPNS jalur umum.
8.      Bisa sertifikasi lebih cepat.
9.      Pada tahun 2015 telah memberikan bukti prospek yang menjanjikan, dimana 809 orang guru lulusan SM-3T dan PPG diterima menjadi PNS dengan Formasi Khusus oleh KemenPAN RB.

Nah teman-teman cukup sekian informasi yang dapat saya bagikan, saran bagi teman-teman yang mau mengikuti program SM-3T kuncinya cuma satu yaitu yakin, teman-teman gak usah ragu. Buang jauh-jauh kegalauan yang ada dalam diri temen-temen.
Persiapkan segera diri kalian, karena SM-3T angkatan yang ke VI sebentar lagi akan di buka…

Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar