Rabu, 20 Januari 2016

TRIK MEMPERMUDAH BELAJAR SEJARAH MENGGUNAKAN SINGKATAN



Bagi sebagian orang, belajar sejarah menjadi hal yang membosankan. Mereka pusing kalau disuruh untuk mengingat peristiwa-peristiwa penting, atau  yang berkaitan dengan nama-nama peninggalan sejarah atau nama-nama tokoh dalam sejarah.
Tidak demikian bagi siapa saja yang sudah memiliki trik tentang bagaimana tekhnik belajar sejarah. Jika anda memiliki cara yang pas dalam belajar sejarah, saya dapat menjamin bahwa belajar sejarah akan menjadi menyenangkan.

Nah bagi anda yang saat ini berprofesi sebagai guru sejarah, atau mungkin kamu yang saat ini masih menjadi siswa yang kebetulan mengalami kesulitan belajar sejarah, kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana caranya agar kita dapat dengan mudah belajar sejarah, mulai dari menghafal peristiwa-peristiwa penting, atau nama-nama peninggalan sejarah dan juga nama-nama tokoh.
Untuk lebih jelasnya, mari kita simak langkah-langkah di bawah ini:
  1. Tentukan peristiwa-peristiwa/peninggalan-peninggalan sejarah/tokoh-tokoh sejarah yang akan kalian hafal/pelajari.Misal: kalian akan menghafal nama-nama peninggalan prasati peninggalan zaman KerajaanTarumanegara. Berarti ada tujuh prasasti yang akan kita hafal: CIARUTEUN, KEBON KOPI, JAMBU, TUGU, MUARA CIANTEN, LEBAK DAN PASIR AWI. Atau kita akan menghafal nama-nama kabinet masa demokrasi liberal (1950-1959).
    Berarti kita akan menghafal tujuh nama kabinet yaitu: NATSIR, SUKIMAN, WILOPO, ALI SASTROAMIDJOYO I, BURHANUDDIN HARAHAP, ALI SASTROAMIDJOYO II, DJUANDA. Bagi yang daya ingatya agak lemah (maaf), menghafal nama-nama peninggalan di atas tentu akan kesulitan bukan? 
  2. Buatlah singkatan yang diambil dari nama-nama prasasti/nama kabinet yang akan kita hafalkan tersebut.Dari nama-nama prasasti tersebut di atas, kita dapat membuat contoh singkatan yang tentu saja mudah kita ingat.
    Contoh: CUT KEKE JATUH KE LEBAK MUARA CIANTEN PASIR AWI(ciaruteun, kebon kopi, jambu, tugu, lebak, muara cianten dan pasir awi.) Sedangkan untuk nam-nama kabinet di atas kita dapat menyingkatnya: NATSIR SUKA WANITA ASLI BUGIS APALAGI JANDANYA (Natsir, Sukiman, Wilopo, Ali Sastroamidjoyo I, Burhanuddin Harahap, Ali Sastroamidjoyo II, Djuanda)

Dari singkatan tersebut, tentu saja kita akan dengan mudah menghafalnya bukan?
Memang istilah tersebut terkesan lucu, tapi dengan kelucuan tersebut justru terkadang anda/murid anda akan dapat dengan mudah menghafalnya.

Saran buat kalian yang akan membuat singkatan, carilah singkatan yang mudah untuk dihafal. Jangan sekali-kali membuat singkatan yang malah membuat anda sendiri pusing menghafalnya.
Metode ini bisa kalian terapkan untuk menghafal materi sejarah apa saja, yang perlu digarisbawahi adalah buatlah singkatan-singkatan yang mudah di hafal.

Sekian tips belajar sejarah yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar